Memutihkan Gigi Dengan Baking Soda/Soda Kue Berbahaya?

Paling-Top21 - Baking Soda atau sebutan ilmiahnya Natrium bikarbonat (disebut juga sebagai soda kue [bahasa Inggris: baking soda], sodium bikarbonat, natrium hidrogen karbonat) adalah senyawa kimia dengan rumus NaHCO3. Dalam penyebutannya kerap disingkat menjadi bicnat. Senyawa ini termasuk kelompok garam dan telah digunakan sejak lama.

Senyawa ini merupakan kristal yang sering terdapat dalam bentuk serbuk. Natrium bikarbonat larut dalam air. Senyawa ini digunakan dalam roti atau kue karena bereaksi dengan bahan lain membentuk gas karbon dioksida, yang menyebabkan roti "mengembang".

Sebuah studi menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung soda kue secara signifikan lebih efektif dalam menghilangkan noda kuning pada gigi daripada pasta gigi standar tanpa baking soda.

Selain itu, kandungan ini juga menciptakan lingkungan alkali di dalam rongga mulut yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan mencegah terjadinya karies pada gigi. Namun, penggunaan yang berlebihan justru bisa berbahaya bagi lapisan enamel gigi karena sifatnya yang kasar.

Oleh karena itu, hindari cara memutihkan gigi dengan baking soda secara terus-menerus. Sebab, bahan ini tidak mengandung fluoride yang dapat membuat gigi kuat.

Untuk memutihkan gigi dengan soda kue, Anda dapat menggunakan takaran 1 sendok teh soda kue dan 2 sendok teh air putih. Aduk campuran tersebut hingga membentuk pasta. Lalu, ambil pasta ini pada sikat gigi Anda dan oleskan ke seluruh gigi. Biarkan campuran ini bekerja pada gigi kurang lebih satu menit. Jika sudah selesai, bilas mulut dengan air bersih.

Selain itu, Anda juga bisa mencampurkannya dengan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk menghilangkan plak serta menghindari kerusakan gigi atau gigi berlubang. Campurkan setengah sendok teh soda kue dan 1 sendok teh pasta gigi.

Gunakan campuran ini untuk menyikat gigi Anda. Selanjutnya, bilas kembali mulut dengan air bersih. Lakukan penyikatan dengan tambahan soda kue ini hanya sekali dalam seminggu untuk menghindari kerusakan lapisan enamel yang dapat terjadi.

Jika Anda berencana memutihkan gigi dengan soda kue? Sebelum melakukannya, Anda perlu mewaspadai kemungkinan efek samping yang dapat timbul. Menggunakan soda kue untuk memutihkan gigi secara terus-menerus dapat menyebabkan kerusakan pada enamel yang melapisi gigi Anda. Lama-kelamaan, kondisi ini dapat membuat gigi menjadi lebih sensitif.

Selama proses pemutihan gigi dengan soda kue, jangan menyikat gusi karena dapat menyebabkan iritasi dan pendarahan. Konsultasikan pula dengan dokter gigi terlebih dahulu sebelum melakukan metode ini, terutama Anda yang memiliki penyakit gusi atau periodontal.

Selain itu, bagi Anda yang sedang melakukan perawatan orthodontik atau menggunakan behel maupun kawat gigi, sebaiknya hindari menyikatnya dengan soda kue. Hal ini ini dapat memengaruhi integritas dan kemajuan dari proses perawatan orthodontik.

Memutihkan gigi dengan soda kue memang dapat dilakukan sendiri di rumah. Namun, jika tujuan Anda adalah menghilangkan noda yang lebih dalam, soda kue tidak akan seefektif itu.

Ada baiknya, Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi untuk mengetahui perawatan yang tepat agar kerusakan gigi dapat dicegah.

Tidak ada komentar untuk "Memutihkan Gigi Dengan Baking Soda/Soda Kue Berbahaya?"